Minggu, 3 Agustus 2025 – 06:00 WIB
Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan waktu 7×24 jam dari jadwal keberangkatan untuk melakukan pembatalan tiket.
Baca Juga :
ASDP Perketat Pemeriksaan Tiket Penyeberangan di Pelabuhan, Begini Caranya
Langkah ini diambil sebagai respons terhadap insiden anjloknya rangkaian KA 1 (Argo Bromo Anggrek) di Stasiun Pegadenbaru, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Hal ini menimbulkan kegundahan di kalangan penumpang yang merencanakan perjalanan.
Pembatalan dan Refund Tiket Kereta Api
Proses pembatalan tiket kini diperpanjang hingga 7×24 jam dari waktu keberangkatan yang tertera di tiket. Bagi pelanggan yang ingin melakukan refund atau mengubah jadwal perjalanan, disarankan untuk segera mengunjungi loket pembatalan di stasiun keberangkatan.
KAI juga menyediakan pusat kontak pelanggan melalui telepon di nomor 021-121 dan melalui WhatsApp di nomor 0811-1211-1121. Ini memberikan akses lebih mudah bagi penumpang untuk mendapatkan informasi terkini mengenai status perjalanan atau pembatalan tiket.
Dampak Insiden Terhadap Jadwal Kereta Api
Insiden yang terjadi pada Jumat, 1 Agustus 2025, menyebabkan pembatalan sejumlah perjalanan kereta api. Hingga saat ini, tercatat 24 perjalanan KA dibatalkan, meningkat menjadi 54 pada Sabtu, 2 Agustus 2025. KAI juga memprediksi bahwa pada Minggu, 3 Agustus 2025, sebanyak dua perjalanan KA akan dibatalkan.
Sementara itu, beberapa rute kereta api dialihkan untuk menjaga kelancaran operasional. Sebanyak 42 perjalanan kereta api diarahkan dengan pola operasi memutar dari jalur Cirebon – Pegadenbaru – Cikampek ke Tegal/Cirebon – Purwokerto – Kroya – Banjar – Bandung – Cikampek. Hal ini dilakukan demi memastikan keselamatan penumpang dan efisiensi perjalanan kereta api di seluruh Indonesia.
KAI berkomitmen untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan kereta api dan memastikan semua langkah perbaikan serta pemulihan layanan dilakukan secepatnya dengan tetap mengedepankan keselamatan.
Kereta api yang dioperasikan untuk mengangkut BBM
KAI meminta maaf atas pembatalan dan keterlambatan yang dialami oleh pelanggan. Perusahaan sangat menghargai kesabaran para penumpang dan berkomitmen untuk memulihkan layanan secepatnya sambil tetap mengutamakan keselamatan dalam setiap operasional perjalanan.
Halaman Selanjutnya
Tercatat, sebanyak 24 perjalanan KA dibatalkan, dan meningkat hingga 54 perjalanan KA yang dibatalkan pada Sabtu, pada 2 Agustus 2025. KAI juga memperkirakan pada Minggu, 3 Agustus 2025, sebanyak dua perjalanan KA juga masih akan dibatalkan.